Profil dan biodata Rio Haryanto dari Go Kart ke Formula 1

Rio Haryanto kini menjadi pembalap formula 1 yang akan berlaga di musim balapan 2016 ini bersama  team Manor-Mercedes. Rio Haryanto merupakan pembalap Indonesia pertama yang berhasil menjadi peserta balapan formula 1. Berikut profil dan biodata Rio Haryanto.

Profil Rio Haryanto
Rio Haryanto yang kini menjadi pembalap F1 rupanya dulu pernah menjajal Go Kart. Rio sudah turun ke ajang balapan Go Kart pada umur enam tahun. Bahkan Rio ikut di kejuaraan Go Kart tingkat nasional. Di luar dugaan, Rio mampu tampil sebagai juara. Kepiawaian Rio di ajang Go Kart kala itu kembali membawanya sebagai juara sebanyak enam kali. Setelah itu Rio pun merambah ajang balapan tingkat Asia-Pasifik. Pada bulan Juni 2008 ia berhasil menjadi juara pertama ajang Asian Karting Open Championship seri 1 di sirkuit Guia, Makau, Cina.

Setelah 7 tahun lebih berkiprah di arena balap Gokart, tahun ini juga menandai awal karir Rio di arena balap mobil, ketika ia mengikuti ajang balap Asian Formula Renault dan Formula Asia 2.0. Pada usia 15 tahun ia mengikuti ajang balap Formula Asia 2.0, dimana ia kemudian menjadi juara umum kelas Asia. Di tahun berikutnya, ia berhasil meningkatkan prestasinya dengan menjadi juara umum ajang Formula BMW Pacific 2009. Hingga akhirnya Rio memutuskan ikut balapan di tingkat Eropa. Rio meninggalkan benua Asia untuk mengikuti ajang GP3 Europe Series pada 2010. Rio berhasil meraih podium pertama di Turki, 1st Runner Up di Silverstone, 2nd Runner Up di Monza Italy dan meraih prestasi sebagai The Best Driver Manor Racing. Rio kemudian menjadi pembalap di ajang GP2 series bersama tim EQ8 Caterham Racing. Tahun 2016 ini Rio akhirnya tampil di ajang Formula 1 bersama tim Manor-Mercedes.

Rio Haryanto yang menjadi pebalap F1 pertama asal Indonesia ini tentu tidak terlepas dari dukungan keluarganya. Ternyata keluarga Rio juga merupakan pembalap. Tak hanya Rio yang sangat menyukai dunia balap. Kedua kakanya Rio, Roy Haryanto, Ryan Haryanto juga adalah pembalap. Kakak tertua Rio, Roy Haryanto juga seorang pembalap dan mampu tampil hingga ke ajang Formula Atlantis. Begitu pula dengan kakak kedua dan ketiga Rio, Ricky Haryanto dan Riyan Haryanto juga pembalap. Mereka menuruni ayahnya (Sinyo Haryanto) yang juga pembalap. Kakaknya ikut balapan hingga tahun 1998. Dan ayahnya itu hingga tahun 2003, terus mendampingi Rio. Rio Haryanto ini ternyata juga muslim yang taat. Pebalap mobil nasional Rio Haryanto tetap menjalankan ibadah puasa meskipun harus berjuang di arena balapan.


Biodata Rio Haryanto
Nama: Rio Haryanto
Tempat tanggal Lahir : Solo, 22 Januari 1993
Agama: Islam
Orang Tua    : Sinyo Haryanto (ayah), Indah Pennywati (Ibu)
Saudara: Rizky Haryanto, Roy Haryanto, Ryan Haryanto
Website: www.rioharyanto.com
Akun twitter: @RHaryantoracing
instagram.com/rharyantoracing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

oli

Lagi Naik Daun